• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Contoh Laporan Menguji Bahan Makanan

 

BAB I
PENDAHULUAN
A.     .Latar Belakang
        Bahan makanan: didalamnya terkandung zat makanan seperti Karbohidrat, protein,lemak, vitamin dan garam mineral Bahan makanan yang kita konsumsi sehari-hari harus mengandung nutrient yang diperlukan tubuh. Karbohidrat, lemak dan protein merupakan nutrient yang dibutuhkan dalam jumlah besar, sedangkan vitamin dan mineral dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil. Walaupun dibutuhkan sedikit bahan tersebut harus ada dalam menu makanan kita.kami melakukan percobaan mengenai uji makanan untuk mengetahui kandungan glukosa, karbohidrat, protein dan lemak. Selain itu, kami membuat laporan praktikum biologi ini untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh Ibu Dewi Saribanon.Karbohidrat adalah senyawa yang tersusun tas unsur-unsur karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O). Tubuh kita membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi utama, menjaga keseimbangan kondisi asam basa dalam tubuh, dsb. Untuk mengetahui apakah makanan tersebut mengandung krbohidrat atau tidak, maka harus dilakukan percampuran bahan makanan dengan lugol dan akan berubah warna menjadi hitam kebiruan.Protein memiliki fungsi penting yaitu sebagai bahan pembentuk hormon, enzim, antibodi, serta kromosom. Juga berfungsi sebagai bahan pembentuk sel-sel baru. Jika bahan makanan yang telah dicampur oleh beberapa tetes biuret berubah warna menjadi violet maka makanan tersebut mengandung protein.Lemak berfungsi sebagai pelarut vitamin A, D, E, dan K, sebagai pelindung organ tubuh, dan sebagai pembentuk membran sel. Jika kertas yang telah diolesi oleh bahan makanan menjdi transparant setelah dijemur, maka makanan tersebut mengandung lemak.
B.     Rumusan Masalah

1.                  Bahan makanan apa saja yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan glikosa?
2.                  Apakah ada pengaruh larutan fehling  A + B (benedict) tehadap larutan makanan?
3.                  Apakah ada pengaruh larutan biyret terhadap larutan makanan?
4.                  Bagaimana membedakan makanan  bergizi dengan makanan yang tidak bergizi?








C.Tujuan
Tujuan Praktikum adalah Untuk menguji adanya kandungan karbohidrat,lemak dan protein dalam bahan makanan.

D.Manfaat Penelitian
·         Bagi siswa:
kami dapat memperoleh pengetahuan tentang zat-zat makanan yang terkandung dalam makanan serta dapat membedakan makanan-makanan yang mengandung zat karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan glikosa.
·         Bagi Guru:
Guru bisa menerapkan materi dan mengajari langsung cara uji makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan glikosa.



       BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A.    DASAR TEORI
      Makanan yang di butuhkan  tubuh manusia adalah makanan yang mengandung gizi , dimana makanan merupakan faktor yang menentuka kesehatan manusia, makanan yang mengandung gizi adalah makanan yang mengandung karbohidrat,protein,lemak, vitamin,dan mineral,dan yang paling penting tubuh memerlukan air.

·        Karbohidrat
Karbohidrat merupakan sumber energi utama untuk setiap aktivitas, ia merupakan senyawa organik terbesar yang biasa terdapat pada tanaman seperti gula sederhana, amilum, selulosa. Makanan yang kaya karbohidrat dapat menghasilkan rasa kenyang, mengontrol gula darah, tingkat kolestrol dan trigliserid, dan metabolisme insulin. Juga sangat penting untuk saluran pencernaan, mencegah sembelit dan masalah usus.

·        Protein
Protein adalah senyawa organik kompleks yang terdiri atas unsur C,H,O,N dan pada beberapa jenis protein mengandung unsure S (belerang) dan P (fosfor).
·        Lemak
Lemak merupakan senyawa yang tidak larut dalam air, tetapi larut dalam eter, kloroform, benzene, atau alkohl panas.Lemak bias digolongkan menjadi lemak sederhana dan lemak kompleks

·        Vitamin
Vitamin merupakan senyawa organik yang terkandung dalam berbagai makanan dan diperlukan untuk mengatur serta memperlancar metabolisme tubuh.

Berdasarkan jenis pelarutnya, vitamin dibedakan menjadi:
1.  Vitamin yang larut dalam lemak
• Vitamin A
• Vitamin D
• Vitamin E
• Vitamin K
2. Vitamin yang larut dalam air
• Vitamin B (B1, B2, B3, B5, B6, B1 , B12, dan biotin)
• Vitamin C

·        Air
Penyusun terbanyak tubuhmu adalah air. Air berperan dalam berbagai proses dalam tubuh, baik proses pencernaan maupun dalam reaksi-reaksi kimia. Air merupakan pelarut yang baik. Oksigen dan nutrien-nutrien dalam makanan tidak dapat memasuki sel-sel tanpa air. Air juga berperan dalam pengaturan suhu tubuh.
·        MINERAL
        Di butuh kan oleh tubuh agar organ tubuh berfungsi dengan baik, bedasarkan jumblah yang di butuhkan dalam tubuh,menjadi dua kelompok makroelemen dan mikroelmen .makroelsmen adalah unsur yang di perlukan oleh tubuh dalam jumblah yang banyak seperti natrium ,kalium, kalsium, dll .sedangkan microelemen adalah unsur yang di perlukan tubuh dalam jumlah sedikit,seperti  zink,kobalt. Mineral berfungsi sebagai zat penyusun tubuh , mempercepat reaksi dan menjaga proses fisiologi tubuh

BAB III
METODE PENELITIAN
A.     WAKTU DAN TEMPAT
Adapun waktu dan tempat dilaksanakan praktikum ini pada hari/tanggal senin 18 januari 2015.tempat laboratorium SMAN 1 MATANG KULI
B.      Alat dan bahan
o   Tabung reaksi
o   Pipet
o   Papan tes porselen
o   Mortar dan alat tumbuk
o   Larutan biuret
o   Kertas koran atau kertas minyak
o   tahu
o   tempe
o   telur
o    nasi
o   roti
o   mentega
o   minyak
o   tepung trigu
o   ikan
o   mie rebus

C.      CARA KERJA
1.       Uji karbohidrat
·         Letakkan 1-2 tetes masing-masing larutan bahan makanan pada papan tes porselen catat lah warna setiap bahan makanan .
·         Teteskan larutan lodin dan amatilah perubahan yang terjadi pada papan tes porselen
·         Bila larutan berubah warna menjadi hitam atau kebiruan maka bahan makanan yang di uji terbukti mengandung karbohidrat (amilum)
·         Catatlah pada tabel pengamatan , bahan makanan apa saja yang mengandung kabohidrat dan bahan makanan apa saja yang tidak.
2.       Uji protein dengan larutan biuret
·         Masukkan masing-masing 1 mm bahan makanan (hasil penembukan )ke dalam tabung reaksi. Catat setiap bahan makanan tersebut.
·         Tambakan seteter demisetes larutan biuret sambil di kocok hinga terlihat warna maksimum
·         Jika bentuk warna ungu atau lembayung muda , maka bahan tersebut mengandung protein .badingkan hasil percobaan tiap makanan yang kamu uji.
3.       Uji lemak
·         Buatlah kotak –kotak berukuran 5x5 cm pada kertas koran atau kertas minyak .
·         Teteskan atau oleskan tiap larutan bahan makanan (hasil penembukan) pada kotak-kotak tersebut .keringkan kertas tersebut.
·         Amatilah perubahan yang terjadi apabila kertas koran atau kertas minyak tanpak buram seperti terkenak minyak atau tampak transparan , maka bahan makanan tersebut mengandung lemak.
BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
1)   tabel pengamatan
Bahan makanan
Hasil percobaan  (beri tanda  + atau -)
Kesimpulan
Uji lodin
Uji biuret
Uji lemak
Nasi
+
-
-
Karbohidrat
Telur
-
+
-
Protein
Tempe
-
+
-
Protein
Tahu
-
+
-
Protein
Roti
+
+
-
Protein kabohidrat
Mentega
-
-
+
Lemak
Minyak
-
-
+
Lemak
Tepung trigu
+
+
-
Protein kabohidrat
Ikan
-
+
-
Protein
Mie rebus
+
-
-
Kabohidrat


2)      pembahahsan  reagen
pada kegiatan praktikum ini kita mengunakan yang di gunaka untuk mengetahui kan dungan makanan antara lain :
                lodin di gunakan untuk mengetahui makanan mengandung karbohidrat atau tidak.bila makana yang kita deteksi itu hitam maka mengadung karbohidrat semakin hitam warnanya semakin banyak karabohidrat dalam makanan tersebut
                biuret adalah reagen yang di gunakan untuk menguji kandungan protein . bila bahan makanan mengandung protein maka akan berwarna ungu /warna lembayung
                kertas buram  adalah bahan menguji lemak karena kertas buram dapat menyerap air atau minyak  pada mpengujian ini di oleskan pada kertas, makanan yang sudah di tumbuk  maka lihatlah warna kertas apa bila terlihat transparan atau buram maka makanan itu mengandung lemak

BAB V
PENUTUP
A.  Kesimpulan:
Berdasarkan dari hasil praktek, hipotesis yang saya buat ternyata TIDAK TERBUKTI, karena tidak semua makanan mengandung lemak, glukosa, karbohidrat, dan protein. Maka kesimpulannya adalah,
1.      Jika bahan makanan berubah menjadi warna hitam kebiruan setelah dicampur oleh yodida maka makanan tersebut mengandung amilum/karbohidrat.

2.      Jika makanan tersebut berubah warna menjadi warna orange-kekuning-kuningan setelah dicampur benedict / phelin A dan dibakar maka makanan tersebut mengandung glukosa.

3.      Jika kertas yang telah diolesi oleh bahan makanan menjadi transparant setelah dijemur, maka makanan tersebut mengandung lemak.

4.      Jika bahan makanan yang telah dicampur oleh beberapa tetes biuret berubah warna menjadi violet maka makanan tersebut mengandung protein.

5.      Semakin banyak tetesan iodida di teteskan pada makanan maka semakin sedikit vitamin yang dimiliki pada makanan tersebut.

B.   SARAN
Adapun Saran Yang Dapat Di Berikan Untuk Praktikum Ini Sebaik Pada Saat  Penelitian Di Perhatikan Dengan Cermat , Pada Saat Perubahan Warna Di Lakuk Dengan Teliti Agar Tidak Terjadi Kesalahah
            Penulis Mengetahui Masih Banyak Kesalahan Dan Kejanggalan Pada Hasil Laporan Ini Dengan Itu Penulis Meminta Maaf Serta Memohan Saran Dan Kritik Bagi Pembaa 

Contoh Laporan Menguji Bahan Makanan 4.5 5 Unknown BAB I PENDAHULUAN A.      .Latar Belakang           Bahan makanan: didalamnya terkandung zat makanan seperti Karbohidrat, protein,lem...


No comments:

Post a Comment

Index Labels

Search This Blog

Page

J-Theme